Prinsip Prinsip Pembelajaran


Pembelajaran pada dasarnya merupakan kegiatan guru atau dosen dalam menciptakan suasana atau situasi siswa belajar. Tujuan utama pembelajaran adalah agar siswa belajar. Kualitas belajar mengajar yang baik akan mendorong tercapainya hasil belajar yang memadai dan bermakna bagi siswa. Agar semua itu tercapai, perlu adanya pelaksanaan yang tepat dalam prinsip-prinsip pembelajaran.
Prinsip-prinsip pembelajaran yang harus dilakukan guru pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar antara lain :

a. Prinsip perhatian dan motivasi
Perhatian, dalam konteks pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting sebagai langkah awal dalam memicu aktifitas-aktifitas belajar. Sedangkan motivasi berhubungan erat dengan minat. Motivasi dalam belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan model pembelajaran. Motivasi belajar akan timbul lebih tinggi manakala siswa memiliki perhatian yang tinggi dalam proses belajar. Sebaliknya motivasi akan rendah manakala siswa kurang memiliki perhatian dalam kegiatan belajar.

b. Prinsip keaktifan
Belajar pada hakekatnya adalah proses aktif dimana seseorang melakukan kegiatan secara sadar untuk mengubah suatu perilaku, terjadi kegiatan merespon terhadap setiap pembelajaran.

c. Prinsip keterlibatan langsung
Setiap individu harus terlibat langsung untuk mengalaminya, bahwa setiap kegiatan belajar harus melibatkan diri setiap individu

d. Prinsip pengulangan
Dalam kaitan ini perlu divermati bahwa kegiatan belajar akan memperoleh hasil maksimal apabila diadakan pengulangan yang seperlunya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi. Jenis pengulangan biasa dilakukan dengan kegiatan tes atau ulangan

e. Prinsip tantangan
Pembelajaran harus memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk mencari dan menemukan konsep, teori, generalisasi, serta dalil dalam kegiatan pembelajaran. Dengan akses seperti itu, siswa akan tertantang untuk menemukan konsep, teori, generalisasi dan dalil-dalil tersebut. Siswa akan belajar lebih semangat dan giat jika mengetahui dan mendapatkan hasil yang baik. Hasil yang baik tentu saja bagi siswa merupakan balikan yang menyenangkan sehingga akan menopang semangat belajar siswa

f. Prinsip perbedaan individual
Setiap individu memiliki perbedaan, baik secara psikis maupun fisik-motorik, karena penting bagi guru untuk memahami perbedaan-perbedaan tersebut. Jika guru melakukan hal ini, akan berdampak bagi siswa dimana mereka akan beranggapan tidak ada yang dibedakan dalam kelasnya.

Pada dasarnya, setiap guru sudah tahu tentang prinsip-prinsip pembelajaran, namun yang paling berat adalah melaksanakan atau mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar mengajar.

Sekian tulisan ini, semoga bermanfaat bagi pendidikan indonesia khususnya
Prinsip Prinsip Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aku Thea

No comments:

Post a Comment